RSS

APA KEYWORD DENSITY ITU?

Keyword density adalah rasio antara jumlah keyword atau frase yang muncul di halaman web dengan jumlah kata secara keseluruhan. Keyword Density sangat penting untuk membuat blog anda dapat memperoleh peringkat tinggi di halaman Search Engine seperti Google, yahoo, MSN dll. Rasio Keyword density dalam sebuah postingan normalnya adalah 4-5%, tetapi sangat bervariasi untuk masing-masing search engine.

Dengan menggunakan fasilitas dari www.webuildpages.com, banyak sekali TOOLS yang bisa Anda pergunakan untuk mengetahui keberadaan blog Anda sekarang, seperti yang saya singgung di paragraf pertama yaitu mengetahui keyword density (kepadatan keyword) sehingga Anda bisa menganalisa lebih jauh keyword yang Anda pakai di blog Anda.

Jika sebelumnya kita membahas mengenai pengertian dan cara ceknya, sekarang kita akan berbicara bagaimana cara mengoptimalkan agar nilainya baik. Ini sangat berhubungan dengan bagaimana cara Anda menyusun postingan Anda. Lalu bagaimana cara membuat postingan yang baik agar keyword density Anda sesuai dengan Google?

#1 Minimalisir Kesalahan Kata
Seperti yang kita tahu, Keyword Density adalah perbandingan kata tertentu dengan keseluruhan kata. Misalkan seluruh kata pada postingan Anda berjumlah 300 kata, lalu dalam postingan tersebut terdapat 6 kata 'tutorial'. Maka keyword density kata 'tutorial' adalah 6/300 x 100 alias hasilnya adalah 2 persen.

Di sini kita bisa melihat jumlah kata akan berpengaruh besar. Misalkan terdapat banyak kesalahan kata dalam postingan Anda, maka itu akan menambah jumlah kata keseluruhan namun tidak memperkuat keyword tertentu. Misalkan ada 300 kata dalam postingan, lalu ada 4 kata tutorial, 1 kata tutorail (salah penulisan) dan 1 kata tutoril (salah penulisan lagi), maka kita hanya mendapatkan 4/300 x 100 hasilnya cuma 1,3 persen. Kita membuang percuma dua kata salah yang tidak menambah kekuatan keyword, namun hanya menambah jumlah keseluruhan.

#2 Jaga Konsistensinya
Sebaiknya Anda membuat tulisan dengan konsisten. Jika Anda menggunakan kata 'saya' maka seterusnya tetap 'saya' dan bukan berubah-rubah gue, aku atau apapun. Konsisten untuk keyword yang anda target.

#3 Cerdik Menyisipkan
Cara paling mudah untuk tembus pertama Google adalah dengan mengoptimalkan judul postingan. Perlu diketahui bahwa keyword density tidak hanya diukur untuk kata tunggal, namun bisa dua kata, tiga kata dan seterusnya. Nah, denga begini kita bisa memaksimalkan judul postingan kita. Misalkan Anda membuat judul 'Cara Membuat Blog' Judul terdiri dari 3 kata.

Sekarang silahkan Anda perkuat judul tersebut, dengan:
- Mengawali paragraf pertama Anda dengan 3 kata tersebut. Jadi usahakan urutan kata tetap sama, Cara Membuat Blog bukan Cara Buat Blog atau Tutorial Membuat Blog. Ingat! Ini jika Anda benar-benar ingin kuatkan 3 kata tersebut. Namun beberapa orang mengenyampingkannya dengan alasan artikel kurang indah jika kata tidak divariasi.
- Menyisipkan pada awal paragraf terakhir. Inipun sama dengan yang di atas. Jadi itu pilihan Anda. Atau Anda bisa memilih kata seperti "Beginilah Cara Membuat Blog", kata beginilah di awal tanpa merubah susunan ketiga kata tersebut.

#4 Jangan Asal Tulis
Ini berhubungan dengan poin pertama. Ketika Anda memberikan rujukan link sebaiknya jangan cuma gunakan kata 'klik ini' tapi tulislah panjang. Seperti di blog ini saya memilih mudah dengan menambahkan kalimat yang saya beri kurung dan diawali dengan perintah baca:. Saya rasa kata-kata 'baca' itu sendiri sudah sangat membuat orang merasa wajib membacanya.

Anda juga bisa lebih mengoptimalkan keyword density Anda dengan menyisipkan keyword dengan link karena perhitungan keyword density ada pada kata biasa, kata berlink dan juga judul. Namun jaga untuk tidak berlebihan. Belajar SEO membuat Anda sedikit berfikir, namun ini benar-benar asyik.

tags: Apa keyword density itu?, Bagaimana cara mengecek keyword density?, Apa kegunaan Keyword Density?, Bagaimana mengoptimalkan keyword density?, Pengaruh keyword density dalam proses optimasi blog.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Osi said...

setuju bangetz dgn penjelasannya di atas, dengan begitu posting2 yg kita buat bisa menduduki halaman 1 atau min hal 5 google yg secara tidak langsung mendatangkn visitor lebih banyak lagi ;)

goldenwap said...

owh jadi beda ya Keyword Density dengan keyword nya metatag hehe Leoarjuna

Post a Comment